Senin, 31 Desember 2018

[Opini] Kenapa Resolusi Tidak Tercapai?



Assalamu'alaykum,
Alhamdulillah, malam ini tanggal 31 Desember 2018 yang artinya, besok sudah tahun 2019 gak 2018 lagi. -_- yaiyalah apa seh?!

Nah, tren nya. Pergantian tahun biasa pada rame bikin Resolusi, mau yang cuman di update di status, atau yang sampe bikin dari A-Z perencanaan target yang mau di capai di tahun yang baru.

Kamu tim yang mana?
Bikin perencanaan pencapaian itu hal yang sangat baik, agar waktu kita ke depannya terprogram/terencana dengan harapan waktu yang kita miliki tidak berlalu sia-sia begitu saja. Yang tentunya hal ini sangat di benci oleh Islam, Waktu yang sia-sia. Padahal semua waktu kita akan dimintai pertanggungjawaban.
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لاَ تَزُولُ قَدَمُ ابْنِ آدَمَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ مِنْ عِنْدِ رَبِّهِ حَتَّى يُسْأَلَ عَنْ خَمْسٍ: عَنْ عُمُرِهِ فِيْمَا أَفْنَاهُ، وَعَنْ شَبَابِهِ فِيْمَا أَبْلَاهُ، وَمَالِهِ مِنْ أَيْنَ اكْتَسَبَهُ وَفِيْمَا أَنْفَقَهُ، وَمَاذَا عَمِلَ فِيْمَا عَلِمَ

“Tidak akan bergeser kaki manusia di hari kiamat dari sisi Rabbnya sehingga ditanya tentang lima hal: tentang umurnya dalam apa ia gunakan, tentang masa mudanya dalam apa ia habiskan, tentang hartanya darimana ia peroleh dan dalam apa ia belanjakan, dan tentang apa yang ia amalkan dari yang ia ketahui (ilmu).”[1]



Nah, bagaimana kalau Resolusi itu tak tercapai? Kenapa ya?

Mau nya nikah sama ikhwan sholeh, tapi kitanya masih suka oppa-oppa Korea.
Maunya nikah tahun ini, tapi jangankan ngurus rumah, habis sholat subuh aja balik tidur lagi.
Maunya punya nilai bagus, tapi pegang buku udah kaya mantra tidur, langsung molooooor..
Eits, peace, ane gak ngajak berantem yawh . . :D >_<
Nah itu  salah satu contoh aja ya gaes, kita bikin target  tapi selalu diingkari.


Sayang banget kan kalau niat tulus kita bikin Resolusi untuk memperbaiki diri, gak tercapai sama sekali.
Salah satu faktor utamanya, bisa jadi NIAT, VISI, dan TUJUAN nya kurang 'manteb'. Iya, kurang manteb lantaran bisa jadi 3 hal tadi cuman sekitar pencapaian dunia,  padahal ternyata hidup didunia ini sebentaaaaar banget, aseli nya mah ya kehidupan yang kekal itu ya di negeri akhirat.



Jadi harusnya Resolusi yang dibuat tadi lebih visioner, lebih melihat ke depan, kampung akhirat.

Dari Zaid bin Tsabit Radhiyallahu anhu, ia mendengar Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
“Barangsiapa tujuan hidupnya adalah dunia, maka Allah akan mencerai-beraikan urusannya, menjadikan kefakiran di kedua pelupuk matanya, dan ia tidak mendapatkan dunia kecuali menurut ketentuan yang telah ditetapkan baginya. Barangsiapa yang niat (tujuan) hidupnya adalah negeri akhirat, Allah akan mengumpulkan urusannya, menjadikan kekayaan di hatinya, dan dunia akan mendatanginya dalam keadaan hina.”
Dunia itu ibarat setetes air ditengah luasnya lautan. Pernah coba celupkan jarimu di pinggir pantai dan melihat setetes air yang jatuh darinya?
Ya, sebanyak itulah nikmatnya dunia. Dan akhirat? Seluas lautan!
Maka, jika kita bangga atas pencapaian kita di dunia ingatlah, bahwa itu hanya setetes dari luasnya lautan
Dan jika kita sedih sebab tak mendapatkan apa yang kita inginkan di dunia ingatlah, bahwa itupun hanya setetes dari luasnya lautan

Yuk, ubah resolusi hidup yang bukan sekedar pencapaian nikmat sementara di dunia tapi juga mencapai nikmat tertinggi yaitu Surga-Nya

Misal nih, VISI dan TUJUAN HIDUP nya mencapai ridho Allah, menjadi sebaik-baik Muslimah. Dengan motto : Hidup Mulia, Mati masuk surga. Maka, dalam menyusun target-target pun akan disesuaikan, bisa jadi dengan target hafal berapa juz Alqur'an tahun ini, target selesai membaca berapa buku setiap bulannya, atau target menuliskan opini dakwah perbulannya.


Nah yang kedua, CARI SUPERVISOR
Karena sudah terencana apa yang hendak dicapai, terus strategi mencapainya bagaimana, kita perlu sahabat shalihah yang mendampingi kita mencapai itu semua, karena sendiri itu berat. (:
Saat menjalankan rencana, setiap menemui kesulitan maupun bosan, maka sahabat terpercaya yang kita tunjuk sebagai supervisor dapat membantu kita mengingatkan, mengevaluasi, dan memikirkan bagaimana cara lain untuk mencapai resolusi tersebut.

Jadi udah punya sahabat buat ngejar mimpi sama-sama? :)

Semoga resolusi kita dapat terlaksana dengan baik ya di tahun ini. . Dan semua harapan kita tercapai, :) Aamiin Allahumma Aamiin.

You better than me-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar