Selasa, 02 Oktober 2018

Menjadi Blogger Cerdas Teknologi Bersama IWITA

Sumber : Instagram

Melek Teknologi itu kebutuhan, menjadi netizen cerdas itu wajib !

Di era digital sekarang ini, gadget bukan lagi barang mewah, hampir semua kalangan sudah akrab dengannya. Gadget disandingkan erat sebagai jendela penggunanya untuk menyelami berbagai sosial media, menjadi netizen di dunia maya. Namun sayangnya sering terlupa bahwa gadget lebih dari sekedar sosial media. Ada banyak fungsi dan kemanfaatan disana yang masih belum dimanfaatkan secara optimal untuk mengikuti kemajuan teknologi informasi dewasa ini.


Banyak yang lebih sibuk menjadi "Netizen Maha Benar" dari pada memanfaatkan Teknologi Informasi untuk menghasilkan sebuah karya.

Sehingga, IWITA (Indonesia Women Information Technology Awareness) sebagai salah satu oganisasi perempuan di Indonesia memilih untuk fokus mencerdaskan Perempuan Indonesia melalui Teknologi Informasi.

Dengan visi Indonesia Women IT Awareness. IWITA ingin mewujudkan perempuan Indonesia tanggap Teknologi Informasi melalui advancement, learning, implementation dan socialization, sehingga perempuan dapat berperan dan berpartisipasi dalam pembangunan ekonomi Indonesia dan membentuk generasi bangsa yang berakhlak mulia dan berprestasi.Untuk mewujudkan Visinya, Misi IWITA antara lain ;
– Menciptakan kesadaran perempuan Indonesia akan manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk pengembangan produktivitas pribadi di bidang TI dan peningkatan ekonomi keluarga.

– Memberikan masukan kepada Pemerintah berkaitan dengan regulasi dan kebijaksanaan yang menyangkut bidang teknologi informasi

– Bekerjasama dengan organisasi lainnya baik di dalam maupun di luar negeri dalam rangka pengembangan produktifitas pribadi di bidang Teknologi Informasi.

Salah satunya, kali ini IWITA bekerjasama dengan Female Blogger Banjarmasin mengadakan acara dalam rangka 2nd Anniversary Female Blogger Banjarmasin yang bertema : "BLOOMING UP"




Berlokasi di Fave Hotel Banjarmasin, tanggal 7 Oktober nanti, di jam 11.00 - 14.00 Wita. Gak kebayang deh gimana ramenya :D dan gak yakin akan selesai tepat waktu, kalo gak ada sesi selanjutnya entah jalan atau hangout dimana mumpung ngumpulkan? Heuheuheu.. belum sesi foto-foto, temu kangen berat banget lama saling gak ketemu karena disibukkan dengan aktivitas masing-masing.

Tapi acara ini tidak sekedar party loh.. acara ini juga mengadakan Blog competition, selain itu juga terdapat banyak sesi sharing seputar Blogging Class, Writing Class, Manfaat nge-blog, dan cara mendapatkan penghasilan dari blog.


"wahhhh.. can't wait yaaa~~~~ >_<


Kalau bisa tuh langsung dipraktekin setelahnya, cara nge-blog biar makin profesional dan mendapatkan penghasilan dari blog. Siapa tau bisa resign dari pekerjaan dan jadi freelance yang setiap hari nya bebas, setiap hari bertemu orang-orang yang berbeda, bisa nulis sambil malas-malasan di rumah, nulis sambil duduk-duduk ngopi santai, sambil jalan-jalam sore di taman ngajak kucing kesayangan. Impian banget ini.. :D :D :D Semoga bisa terwujud di Ultah FBB yang ke-tiga. Aamiin.

Apalagi sebagai seorang muslimah yang menginginkan waktunya tidak tersita 8 jam × 6 hari dalam seminggu untuk bekerja. Namun di sisi lain harga segala kebutuhan terus melonjak naik. Menjadi wanita yang kreatif dan cerdas dalam memanfaatkan teknologi informasi salah satunya dengan menjadi seorang blogger profesional sehingga dapat memiliki penghasilan dari aktivitas nge-blog adalah tepat. Sehingga kewajiban lainnya sebagai seorang muslimah pun mampu terlaksana, pula kebutuhan dapat dipenuhi atas jerih payah sendiri.


Siapin catetan, dan Aq*a deh, biar bisa fokus nyimak materi. Kuyyyy..

Senang banget kan bisa bergabung bersama Female Blogger Banjarmasin. Jadi lebih semangat untuk berkarya melalui tulisan, dan dapat mengikuti berbagai macam event. Dapat ilmu baru, dapat teman-teman baru, dan pergaulan menjadi semakin luas. Walaupun komunitas Female Blogger Banjarmasin baru berjalan 2 tahun, tapi Alhamdulillah, anggotanya udah banyak banget, lintas usia, lintas profesi. Ada yang sudah usia 30an dan menjadi ibu-ibu muda kreatif, dan ada juga wanita-wanita yang sibuk meniti karirnya, bahkan yang masih usia belasan dan masih disibukkan dengan tugas kuliahnya. Kami dibersamakan karena satu hobi, yakni, menulis.

Kalau saya yang newbie ini, setiap event selalu harus dibimbing sama mastah-mastah mulai dari cara otak-atik blog melalui smartphone sampai dibantu cari inspirasi untuk tulisan. Tapi senangnya, saya yang masih sedikit banget ilmunya ini, setidaknya diluar sana sudah mulai bisa berbagi sama teman-teman yang kepo tentang komunitas ini. Yang paling sering ditanyain itu ;

"Ajarin ngeblog dong, lol.."

"bikinin blog dong.."

"gimana bisa hadir event yang berkelas gitu.."
karena emang event-event nya FBB itu biasanya bekerja sama dengan produk-produk, dan organisasi-organisasi luar biasa, seperti IWITA ini misalnya.

IWITA memang aktif di berbagai kegiatan yang mendukung terwujudnya Visi-Misi IWITA. Diantaranya, selama ini mereka aktif ;

Menyelenggarakan kegiatan pendidikan, pelatihan, seminar, lokakarya, sosialisasi, promosi dan lain sebagainya yang berhubungan dengan bidang perempuan dan teknologi informasi.

Seperti yang akan dilaksanakan pada minggu ini, Female Blogger Banjarmasin bersama ketua IWITA Kalsel berbagi ilmu seputar blog. Dan tidak hanya disitu, seperti yang saya sebutkan diatas. Bahwa juga ada blog competition yang akan dinilai oleh IWITA pusat, suatu kebanggan bagi saya. Dan IWITA pun akan bagi-bagi goodie bag juga. "Jadi makin gak sabar deh.." :D :D

Selain mengadakan pelatihan dan lokakarya, IWITA juga aktif Memberikan masukan kepada Pemerintah berkaitan dengan regulasi dan kebijaksanaan yang menyangkut bidang teknologi informasi. Menghimpun, mengelola dan mengembangkan bahan kepustakaan yang berhubungan dengan bidang perempuan dan teknologi informasi. Menerbitkan bulletin, jurnal maupun dokumen lainnya baik untuk kepentingan anggota, masyarakat umum dan pemerintah Republik Indonesia. Serta Mengadakan kerjasama dengan asosiasi lainnya baik di dalam maupun di luar negeri.

Untuk yang masih penasaran tentang IWITA info lebih lengkap, serta foto-foro berbagai kegiatan IWITA dapat teman-teman kunjungi di www.iwita.id. Dan follow juga ya sosial media IWITA.




juga gak kelupaan follow instagram Female Blogger Banjarmasin juga ya @femaleblogger.bjm

Semoga kita para wanita dapat menjadi wanita yang makin cerdas teknologi informasi dan dapat memanfaatkan semaksimal mungkin perkembangan teknologi untuk berkarya. Jangan sampai kita menjadi "netizen maha benar" yang memanfaatkan teknologi informaso hanya untuk mengomentari hidup orang lain, nihil prestasi. Semangat terus berkarya !

19 komentar:

  1. aku sering lo nulis ditemenin kucing...capek2 elus kucing...

    BalasHapus
    Balasan
    1. lifegoals.. -_- skrg pussy hrus sring ditinggal krn kerja fulltime saya.

      Hapus
  2. duh kita jgn sampai jd blogger maha benar yaa..yuks semangat jd perempuan cerdas berteknologi hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya iya en. mending mikirin buat nulis ya en

      Hapus
  3. Semoga perempuan Indonesia apalagi para bloger tambah cerdas dan bijak dalam menghadapi perkembangan pesat TIK.

    BalasHapus
  4. Ayok lah kita habis acara jelong2 yuk.. Keren ya acara kita di dukung iwita

    BalasHapus
  5. Aamiin. Bener semoga kita sbg peremouan dpt memanfaatkan teknologi dg baik. Jangan malah kelewatan menggunakannya utk hal2 buruk seperti menjadi netizen yg maha benar. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk.. iya, skrg mah makin sadis aja aishwa nahla yang bayi sholawat itu aja banyak yng bully. parah banget.

      Hapus
  6. Setidaknya kita sebagai blogger bisa nulis hal2 yg berguna dibanding komentar2 julid dari netizen yg maha benar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Inggh, bermanfaat dengan apa yang kita bisa, dengan cara yang kita sukai

      Hapus
  7. Ah, ku suka sama kalimat pembukanya.
    Sebagai netizen kudu bener-bener cerdas biar gak kemakan hoax.

    see you ya mbak hari minggu besok :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. upps. gak kenyang, gak gemukin, malah jadi gak cerdas ya mbak makan hoax.

      bru prtma ya kita ktmu minggu ini. salam kenal :)

      Hapus
  8. Bener baanget, sekarang mah netijen memang maha bener semua sampai-sampai banyak yg halu tapi di Instagram sih hal itu banyak terjadi.

    Btw, sampai ketemu ditempat acara ya loly.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya salaam.. iya,jadi pada banyak yg halu. mending halusinasi buat bikin tulisan ya rim. iya long time no to see you :*

      Hapus
  9. Cant wait bs ketemu loly lagi.. :) smapai jumpa bsk ya loly..

    BalasHapus
  10. Semoga dengan adanya IWITA ini bisa meminimalisir netizen maha benar

    BalasHapus
  11. "Melek Teknologi itu kebutuhan, menjadi netizen cerdas itu wajib!"

    Can't agree more lah pokoknya sama statement itu. Hehe. Semoga kita bisa sama2 jadi netizen yg budiman ya ^^

    BalasHapus
  12. Senang bisa mengenal Loly dan sama sama berjuang di dunia blogger. Tetap semangat ya loly..

    BalasHapus