Jumat, 06 Juli 2018

Teknik Belajar Renang, Sekali Coba Langsung Bisa

Assalamu'alaykum..^^

Siapa disini yang sudah dewasa namun tidak bisa berenang? Sama, saya juga. Dari kecil saya suka berenang, hanya saja menurut saya belajar berenang itu sulit. Sehingga saya selalu memakai pelampung untuk menikmati hobi berenang. Sekalipun mencoba mendengarkan intruksi teman-teman agar bisa berenang, saya selalu panik setiap mencoba dan gagal.


Berenang merupakan olah raga yang disyari'atkan, Para ulama umumnya menyebut perintah itu merupakan perintah dari Umar bin Khattab radhiyallahuanhu.


عَلِّمُوا أَوْلاَدَكُم السِّبَاحَةَ وَالرِّمَايَةَ وَرُكُوْبَ الخَيْلِ

Umar bin Al-Khattab berkata, "Ajari anak-anakmu berenang, memanah, dan naik kuda".


Nah, hari ini sekali lagi saya mencoba belajar berenang kepada teman saya. Dia juga awalnya tidak bisa berenang hingga akhirnya bisa berenang, dan hari ini dia berbagi teori yang membuatnya bisa berenang.

Sebelum belajar berenang, berikut beberapa yang harus kita perhatikan :

1. Pakaian
kalau kalian adalah muslim, maka tolong banget, tetap menutup auratnya saat berenang ya. Cowok sekarang mah, banyak yang membuka aurat :( Innalillah.. :) begitu pula untuk teman muslimah, tetap wajib berhijab syar'i ya saat berenang. What???? Emang bisa? Yuk, simak tulisan ku : Pakaian Muslimah syar'i yang nyaman untuk berenang  ^^

2. Tempat.
Beberapa tempat tidak memperbolehkan muslimah mengenakan pakaian syar'i saat berenang. :( jadi, pastikan kalau kolam renang yang kita pilih mengizinkan kita berenang dengan pakaian syar'i. Misalkan kalau di Banjarmasin, ada kolam renang hotel Aston, dan juga kolam renang Banua Anyar.

Selain itu, pilihlah waktu yang sangat sepi sehingga kita tidak bercampur baur dengan non-mahrom. Misal pagi sekali saat kolam renang baru dibuka. Dan tidak pada hari libur.

3. Stamina tubuh
Jangan sampai kita belajar berenang saat sedang dalam keadaan kurang fit sehingga kita akan mudah terserang penyakit. Apalagi harus berendam di air dalam waktu cukup lama. Kita bisa menyediakan obat/minuman yang mampu mencegah masuk angin. Dan kalau perlu sediakan koyo, wkwkwkwk~ siapa tau tubuh kita jadi pegal atau keram karena tidak biasa berenang.

4. Jangan lupa makan
Berenang dalam keadaan lapar? Bisa-bisa kita kena maag, hehe.. apalagi belajar berenang lumayan menguras tenaga. Makan makanan yang sehat, selain agar tidak maag, sakit kepala, juga penting untuk mencegah masuk angin.


5. Yang harus dibawa ke kolam renang
Pakaian ganti, plastik untuk membungkus pakaian basah. Dan untuk menghemat, kita bisa membawa snack dan minuman dari rumah. Maklum lah, tadi saat berenang lumayan lapar dan haus tapi malas jalan ke stand untuk sekedar jajan. Jadi lebih enak, tinggal ngambil ke tas ditempat duduk samping kolam renang. Tapi kalau kalian meletakkan tas dipenitipan, hal ini tidak berlaku ya. :D yang pasti berenang itu bikin laparrrrr.


Eh malah ngomong ngalurngidul, langsung saja aku bagikan teknik belajar renang ;

1. Pemanasan
Hal ini dilakukan agar otot tidak tegang, dan tidak keram. Bisa dilakukan dengan cara menggerakkan leher, kepala, tangan, dan kaki seperti pemanasan sebelum berolahraga pada umumnya.

2. Yuk nyebur! Ekekekek..
Yang pasti harus berani nyebur ya. Jangan takut dan harus yakin. Tapi pilih bagian kolam renang yang tidak dalam dulu ya.

3. Menahan napas di dalam air
Tarik nafas dalam-dalam, dan mulailah menyelam. Hal ini dimaksudkan agar kita terbiasa berada didalam air. Cobalah berulang-ulang menahan nafas didalam air.

4. Mengapung
Sebagian besar tubuh kita terdiri dari air, sehingga sebenarnya kita mampu mengapung di air asalkan tubuh kita rileks. Seperti di Jepang, anak sekolah disana diajarkan selain simulasi saat terjadi gempa, juga diajarkan agar bisa mengapung di air saat terjadi banjir. Nah, cobalah menarik nafas dalam dan menenggelamkan wajah ke air dan rilekslah sehingga seluruh tubuh terangkat dan mengapung dipermukaan. Tanpa menggerakkan tangan ataupun kaki. Lakukan secara berulang-ulang, saat kehabisan nafas, berhenti, ambil nafas, dan lakukan lagi.

Saat bisa mengapung, saya sangat senang, seakan bisa berenang itu sudah didepan mata. Sebentar lagi, dan benar saja. Hari itu juga saya bisa berenang, walaupun teknik ini membuat saya hanya bisa berenang untuk satu kali nafas. Saya belum bisa mengambil nafas saat berenang.

5. Mulailah menggerakkan kaki
Gerakkan kaki secara santai dan perlahan saja, begitu juga dengan tangan. Seperti pada video saya berikut ini :



Nah, itu tadi. Teknik berenang sekali coba langsung bisa yang berhasil saya lakukan. Sebaiknya saat mencoba teknik ini, ditemani yang memang bisa berenang ya. :D Selamat Mencoba.

13 komentar:

  1. Pas banget ini, besok aku mau ajak anakku berenang. Anak pertamaku dulu sempet les renang, kayanya aku akan coba ngajarin sendiri dengan cara ini. Thanks loly

    BalasHapus
  2. Wah mantap ka.. Eny blm bisa berenang bisa dicoba nih ntar hho

    Eny from Enychandotcom

    BalasHapus
  3. Ulun tu paling kda bisa berenang gaya mengapung neh 😂 sempat lamas rajin tu, soalnya kda bisa meolah badan releks 😁😁

    BalasHapus
  4. Pernah bljr renang dulu wakty SD samoe SMA. Ujung2nya nyerah. Bener. Byk faktornya terutama kolam renangnya ga mendukung. Dbjm sih sdh byk kolam renang bahkan byk sungai.. Haha.. Tp yg namanya udah emak2 ga bs lg 'beistilah' belajar begini keluar rmh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekalian ajak si cantik mbak, belajar berenang bareng.. hehe

      Hapus
  5. Jadi kngen berenang. Yg di banua anyar parak rumah pdahal. Kaina mancobai jua ah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. murah jua ka, kawa bawa anak, jangan kd ingat mbawa cemilan. hqhqhqhq

      Hapus
  6. Di Barabai masih susah nyari kolam renang yg akhwat friendly. Jd pengen bikin kolam renang sendiri. Upss, hehe. Siap mempraktikkan tips dr Loly nih nanti kalau lagi traveling ke air.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah sangat saya dukung mba punya kolam renang sendiri siapa tau bisa memudahkan akhwat lain. apalagi kan perlu utk yang hamil olahraga berenang :D

      Hapus
  7. Kok videonya aku putar ga bisa mba? Wkwkwk ini di kolam renang mna mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. masa sih mba, nanti aku cek.. di benua anyar

      Hapus
  8. harus banget lah ada pendampingnya, kalau ga nanti benar-benar tenggelam lagi ya. hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, rim.. dan jangan dikolam yang dalem dulu. hehehe

      Hapus