Jumat, 06 Juli 2018

Pakaian Renang Yang Nyaman Untuk Muslimah Berhijab Syar'i

Assalamu'alaykum.. ^^



Muslimah, suka berenang? Biasanya pakai pakaian seperti apa? Apa? Pakaian renang?

Faham zaman now ini, katanya pakai pakaian menyesuaikan tempat. Di kolam renang, di pantai ya sah-sah saja mengenakan bikini. Karena hijab syar'i itu cocoknya dipakai ke pengajian. Padahal pantai, laut dan semesta alam ini kepemilikan Allah. Allah melihat dimana saja kita, bermaksiyat kah kita, Allah maha tahu. Dan urusan menutup aurat sudah jelas sebenarnya rambu-rambunya didalam Islam.


Allah telah memerintahkan agar kita, muslimah baligh untuk menutup aurat. Di khayatul 'amm (kehidupan umum) keluar rumah, termasuk didalam rumah namun mampu terlihat dari luar. Maupun di khayatul khas (kehidupan khusus) saat berada didalam rumah namun ada non-mahrom seperti sepupu maupun ipar.

Allah telah menjelaskan dalam surat An-Nuur, ayat 31
وَقُلْ لِلْمُؤْمِنَاتِ يَغْضُضْنَ مِنْ أَبْصَارِهِنَّ وَيَحْفَظْنَ فُرُوجَهُنَّ وَلا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلا مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَلْيَضْرِبْنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلَى جُيُوبِهِنَّ وَلا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلا لِبُعُولَتِهِنَّ أَوْ آبَائِهِنَّ أَوْ آبَاءِ بُعُولَتِهِنَّ أَوْ أَبْنَائِهِنَّ أَوْ أَبْنَاءِ بُعُولَتِهِنَّ أَوْ إِخْوَانِهِنَّ أَوْ بَنِي إِخْوَانِهِنَّ أَوْ بَنِي أَخَوَاتِهِنَّ أَوْ نِسَائِهِنَّ أَوْ مَا مَلَكَتْ أَيْمَانُهُنَّ أَوِ التَّابِعِينَ غَيْرِ أُولِي الإرْبَةِ مِنَ الرِّجَالِ أَوِ الطِّفْلِ الَّذِينَ لَمْ يَظْهَرُوا عَلَى عَوْرَاتِ النِّسَاءِ وَلا يَضْرِبْنَ بِأَرْجُلِهِنَّ لِيُعْلَمَ مَا يُخْفِينَ مِنْ زِينَتِهِنَّ وَتُوبُوا إِلَى اللَّهِ جَمِيعًا أَيُّهَا الْمُؤْمِنُونَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ
Katakanlah kepada wanita yang beriman, ‘Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak darinya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung (khimar) ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara lelaki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinyua agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.’” (Qs An Nuur: 31)
Begitu juga surat Al-Ahzaab, ayat 59,
Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin, ‘Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.’ Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Nah, sehingga saat ingin berenang di kolam renang umum, jelas kita diwajibkan untuk menutup aurat sesuai hukum syara. Bukan membalutnya, namun benar-benar menutup dengan hijab syar'i.

Sebenarnya @ummualila telah mengeluarkan produk terbaru pakaian renang syar'i for kids


Waterdress dari Ummu Alila ini berbahan water dress  semi anti air jadi nggak menjiplak di badan. Khimarnya juga nggak berat ykarena dibuat rempel di bagian depan, jadi aman untuk anak2 kita yang menjelang baligh dan mulai berubah postur badannya
.
Water dress terdiri dari gamis+ khimar yang dibuat nyambung + jumpsuit yang berfungsi sebagai mihnah (baju dalam gamis). InsyaAllah aman dan nyaman untuk anak berenang.

Hanya saja itu baru oper order untuk anak ya, jadi untuk kita yang sidah dewasa sambil menunggu ummualila mengeluarkan produk untuk kita, tenang saja, disini aku ingin sharing pendapatku pakaian syar'i seperti apa yang nyaman untuk dipakai berenang?

1. Pakai pakaian harian seperti biasa sebagai syarat pakaian syar'i, pakailah celana panjang agar tidak terlihat aurat saat berenang.

2. Memakai jilbab/gamis syar'i yang berbahan ringan agar tidak terlalu berat saat berenang. Bisa terbuat dari kain wolfis, katun, dan semisalnya. Kalau untuk berbahan kaos atau jersey itu sangat berat saat basah.

Harus cukup lebar juga ya, untuk memudahkan berenang.

3. Jangan lupa tetap pakai kaos kaki juga ya. Pasanglah kaos kaki diliar celana sehingga ujung celana kita melekat kuat dan mengurangi resiko tersingkap.

4. Pakai ciput yang menutup seluruh rambut hingga leher. Ya, seperti ciput pakaian renang hijab gitu deh. Bisa jiga sih kita pakai pakaian renang hijab lalu kita memakai jilbab dan kerudung serta kaos kaki diluarnya. Yang terpenting dapat dipastikan aurat tidak terlihat.

5. Memakai kerudung yang cukup berat, nah justru disini menurutku kalau pakai wolfis atau jenis kerudung berkain tipis maka akan menggembung ataupun mudah terangkat. Sehingga lebih baik kerudung berbahan kaos Pe, tapi bisa juga memakai kerudung berbahan ceruti yang memiliki pori besar sehingga tidak mudah menggembung karena pori besar tidak mengikat udara.

6. Pakai manset panjang. Saat tidak berenang saja pakai manset, masa saat berenang dilepas. Kan saat berenang banyak gerak, lebih besar kemungkinan lengan jilbab kita tersingkap. :D jadi, jangan tanggalkan mansetnya juga ya.


7. Ini opsional saja ya.. kita bisa menyediakan bathrobe atau handuk besar disamping kolam sehingga saat kita keluar dari kolam. Kita bisa secepat mungkin menutupi tubuh kita dengan pakaian syar'i yang basah kuyup kayak difoto ini :D





إِنَّ الدِّينَ يُسْرٌ ، وَلَنْ يُشَادَّ الدِّينَ أَحَدٌ إِلاَّ غَلَبَهُ
“Sesungguhnya agama itu mudah. Tidak ada seorangpun yang membebani dirinya di luar kemampuannya kecuali dia akan dikalahkan.” (HR. Bukhari no. 39)

Hidup ini tentang keta'atan dalam menikmati kehidupan. :) #notetomyself

Selamat berenang muslimah, :D kalau ada tips lain tulis dikolom komentar ya.


Xoxo,

Loly

1 komentar:

  1. Aku selama ini pakai baju renang muslim, tp masi agak risih karena celana nya seperti leging. Belom pernah coba pakai gamis sih

    BalasHapus