Kamis, 21 Juni 2018

Jangan Kasihkendor! Ini Yang Bisa Dipertahankan Usai Ramadhan

Assalamu'alaykum..

Hayo!
Kamu #TeamSedih pisah sama Ramadhan atau #TeamSenang ketemu Syawal, senang karena akan menunaikan sunnah Rasulullah, menikah di bulan syawal? Nah lo, hehehe.. :D *nyengirkuda. Yang masih harus nge-jomblo Jadi pada pindah ke #TeamSedih pisah sama Ramadhan deh ni.

It's ok! Tenang aja, postingan ini gak akan bikin hati kamu makin teriris gaes. Kalo sebelumnya aku ngajak "Mumpung Ramadhan Hijrah Yuks?!" So, Ramadhan berakhir, Hijrah yang sudah kita mulai jangan sampai ikutan berakhir. Ngenes beud dah! ㅠㅠ

Ibnu Rajab Al-Hanbali Rahimahullah berkata : "Para (generasi) salaf, enam bulan pasca Ramadhan mereka gunakan untuk memohon -berdo'a dan beramal- pada Allah agar seluruh amalan di bulan Ramadhan diterima oleh-Nya".

Karena ini juga menjadi salah satu ciri apakah amalan Ramadhan kita diterima atau tidak. Apakah kita "Ramadhan Oriented" atau "Rabb Oriented" seperti yang dibahas pada 5 tanda Amalan Ramadhan diterima oleh hidayatullah.com

InsyaAllah kita semua mau nya menjadi "RABB ORIENTED" ya. Yang beribadah tidak hanya karena Ramadhan, namun karena Allah. Ramadhan memang dapat menjadi start awal hijrah kita, karena suasana Ramadhan lebih banyak yang bersemangat untuk beribadah dan mendadak alim. Hehe.. mendadak alim untuk diteruskan dibulan-bulan berikutnya istiqomah melaksanakan ibadah-ibadah yang mampu kita laksanakan dibulan Ramadhan.

Allah telah memudahkan kita dalam beramal selama bulan Ramadhan. Semoga kita diberi taufik atau pertolongan oleh Allah Subhanahu wata’ala untuk mengamalkan kebaikan setelahnya. Sebagian ulama berkata: ثواب الحسنة الحسنة بعدها فمن عمل حسنة ثم اتبعها بعد بحسنة كان ذلك علامة على قبول الحسنة الأولى كما أن من عمل حسنة ثم اتبعها بسيئة كان ذلك علامة رد الحسنة وعدم قبولها “Pahala kebaikan adalah kebaikan (yang dilakukan) setelahnya. Barangsiapa beramal kebaikan kemudian diikuti dengan kebaikan berikutnya, maka itu sebagai tanda diterimanya amal kebaikan yang pertama. Sementara orang yang melakukan amal keburukan setelah kebaikan, itu sebagai tanda amal tak diterima.”

Berikut adalah amalan yang harus tetap kita pertahankan selepas Ramadhan :

1. QIYYAMUL LAIL dan Membaca Alqur'an

Kita pasti jadi lebih bisa buat bangun saat dinihari, karena kita mau sahur. Selain karena agar kita kuat puasa seharian. Dalam sahur juga terdapat berbagai kebaikan dari Allah. Diwaktu sahur pula menjadi waktu yang dianjurkan memperbanyak istighfar.

Selepas Ramadhan, mungkin kita sudah tidak berpuasa setiap hari, tapi kita bisa pertahankan bangun di sepertiga malam untuk yang sebelum Ramadhan tidak terbiasa. jangan sampai kebiasaan baik ini hilang gaes.




2. TIDAK TIDUR SETELAH SUBUH
Saat Ramadhan, tidur setelah sahur adalah hal yang sangat terlarang. Kebanyakan kita akan berusaha terjaga hingga akhirnya tidak terlalu berat lagi. Tenang saja, InsyaAllah tidak tidur setelah subuh kita gak akan kekurangan tidur. Kecuali kalian baru tidur jam 3 malam, ya ampun, ngapain gaes? Nge-game?..

Hidup kita jadi lebih produktif saat kita memulai hari lebih awal.



3. SHOLAT BERJAMAAH (Bagi Pria)
Mesjid masih buka koq kapan pun, jangan biarkan sepi ya bang. :D hehe.. Saat Ramadhan, Mesjid menjadi ramai dipenuhi jama'ah laki-laki untuk sholat berjamaah 5 waktu. MasyaAllah.


4. BERHIJAB SYAR'I
Selepas Ramadhan, bukan berarti kewajiban menutup aurat sesuai aturan Allah juga berakhir. Menutup aurat tidak hanya saat sholat, karena Allah selalu ada dan perintah menutup aurat selalu berlaku. Saat kita keluar rumah, atau saat ada laki-laki non-mahram yang kemungkinan dapaf melihat kita. Keep Istiqomah girls!


5. PUASA
Nah, Amalan satu ini yang paling terkenal dibulan syawal. Tet-tot! Salah, MENIKAH Amalan yang lebih utama kali. *ketawagaring deh.

A'isyah mengatakan : "Nabi menikahiku di bulan syawal, dan beliau tinggal satu rumah (campur) denganku juga di bulan syawal." (HR. Ahmad dan Muslim).

Enggak, PUASA yang utama apalagi bagi yang belum ketemy jododnya. Hehe.. Puasa dulu ya kita, banyak-banyak puasa deh. :D :D

"Siapa yang berpuasa Ramadhan, kemudian diikuti puasa 6 (enam) hari di bulan Syawal, maka itulah puasa satu tahun." (HR. Ahamd & Muslim).

Puasa 30+6=366 hari?
MasyaAllah, Allahu Akbar. Hitung-hitungan sama Allah memang sangat menguntungkan, gak pernah rugi deh.


6. MENAHAN EMOSI - HAWA NAFSU
Paling terkenal deh ini, "sabar.. sabar.. gak boleh marah, ntar puasanya batal." "Aku gak boleh nangis! Entar puasanya batal."
Saat Ramadhan rupanya kita sudah mulai melatih mengontrol emosi kita. Dan percayalah : "Amarah hanya akan selalu menyisakan penyesalan". Ngingetin diri sendiri sebenarnya.

"Janganlah engkau marah, niscaya bagimu surga". (HR. Thabrani).


7. MENUNTUT ILMU AGAMA.
Ini adalah salah satu cara agar kita bisa ISTIQOMAH, keimanan kita musti dipanasin terus dengan bergabung bersama orang-orang shalih & menuntut ilmu agama. Dengan begitu kita bisa terus teringat alasan mengapa kita beribadah. Tentang janji-janji Allah untuk orang yang ta'at dan dekat denganNya dan ancaman-ancaman bagi yang tak mau tau dengan syari'at-Nya. Semakin faham kita akan ilmu agama, semakin nikmat kita dalam beribadah, dan semakin takut untuk bermaksiyat.

8. TILAWATIL QUR'AN
Sebagaimana kita tau, kalau saat Ramadhan pahala berkali-kali lipat untuk tiap huruf Alqur'an. Sehingga banyak yang berlomba-lomba mengkhatamkan Alqur'an. nah, itu membuktikan kalau kita sebenarnya kita bisa koq menyempatkan waktu untuk membaca Alqur'an. Jadi khatam berapa kali? :) semoga kita tetap menyempatkan waktu membaca Alqur'an setiap hari ya gaes.

Apalagi ya? Ada yang mau menambahkan? :)

Hati yang mulai terpaut pada mesjid, kaki yang mulai nyaman melangkah, hendaknya senantiasa dijaga. Semoga latihan kita sebulan penuh kemarin tidak meluap begitu saja, hilang tak berbekas seakan membuktikan bahwa kita hanya ikut-ikutan euforia Ramadhan, menyedihkan apabila kita hanya menjadi "Ramadhan Oriented" sedang hakikatnya kita beribadah semata-mata karena Allah. Semoga kita berjumpa dengan Ramadhan berikutnya, dalam keadaan fisik, hati, & ilmu yang lebih siap untuk mengambil Ramadhan terbaik kita dari sisi Allahu subhanahu wata'ala.



Sahabat Hijrah mu,


LOLY



Tidak ada komentar:

Posting Komentar