Rabu, 13 Juni 2018

Edukasi kesehatan area kewanitaan oleh Hijup × Softex Daun Sirih

Hijab syar'i selalu menemani hari-hari ku, mulai dari mengajar sebagai guru PAUD hingga kesibukanku menjalankan usaha cathering  bersama orangtua. Sering menerima pesanan dalam porsi besar, seperti beberapa ekor kambing, memasak untuk ribuan porsi, ratusan liter beras, sehingga kami dibantu beberapa pegawai laki-laki. jadi aku tetap wajib mengenakan hijab syar'i meski di dalam rumahku sendiri karena ada laki-laki non mahrom. Panas? Tentu saja. Apalagi cuaca Banjarmasin sering mencapai 33 derajat celcius.


Dengan aktivitas ku yang kesana kemari, worry ku tetap sama ; keringat! bikin rambut berminyak, bau badan, dannnnn.... Area kewanitaan jadi lebih sering gatal dan keputihan.



Saat menstruasi biasanya becek *uppss sorry tapi memang agak basah dipermukaan dan sedikit bau meskipun sudah sering ganti. Selain itu juga jadi gatal bahkan iritasi dan keram. Apa ini menjadi worry kalian juga, girls? Kalau sedang gak menstruasi juga jadi harus sering ganti pakaian dalam.

Aku belum menemukan pembalut yang benar-benar cocok, hingga akhirnya aku bersama Female Blogger of Banjarmasin ikutan event Hijup bloggers Meetup × Softex Daun Sirih goes to Banjarmasin.

Bertempat di Sante Coffee & Grill, Hotel Mercure Banjarmasin. 1 Juni lalu, Softex daun sirih dengan mengusung tema "Ngobrol Sehat, No Worry" memberikan edukasi kepada perempuan-perempuan banua tentang kesehatan area kewanitaan.


Sante Coffee disulap begitu fresh ala Softex Daun Sirih dengan nuansa hijau & putih dari daun sirih dan bunga daisy kecil menghiasi sepanjang meja dan berbagai pernak pernik vintage yang instagramable banget.







Diawal kedatangan kita sudah dimanjakan dengan  hampers cantik diatas meja. Hampers berisi produk Softex Daun Sirih pembalut & Pantyliner, Pouch kecil, dan Pouch besar hitam cantik dari Hijup bonus didalamnya terdapat 3 lembar kerudung segiempat. Cocok banget dengan gaya ku yang simple & youth, jadi favorit dipakai karena warnanya yang cantik dan netral, lebih mudah dipadupadankan. Selain Hampers, ada juga totebag yang lagi-lagi berisi  produk Softex Daun Sirih.








Acara start at 4 p.m sesi sharing bareng mbak Ayu Pratiwi, mengungkap worry nya mbak Ayu sebagai artis super sibuk dengan jadwal yang padat. Bagi mbak Ayu, menjaga kesehatan itu jadi sangat penting. Mulai dari diet sehat, water all the way, dan olahraga pun dilakoni. Karena kalau sudah kelelahan, kurang fit,  Apalagi dengan cuaca Indonesia yang berubah-ubah membuat area kewanitaan jadi lebih beresiko lembab, walhasil keputihan pun muncul.


Berbicara tentang keputihan, hal ini dikupas lebih dalam oleh Dr. Bram Pradipta, SpOG. Beliau menerangkan, bahwa 90% wanita Indonesia bersikap abai dengan kesehatan area kewanitaan. Padahal keputihan tidak dapat disepelekan, fatalnya, keputihan dapat menjadi penyebab masuknya bakteri hingga terjadi gangguan pada kesuburan.

Dokter Bram mengemukakan beberapa faktor resiko keputihan diantaranya adalah :

  • sex bebas,
  • penyakit tertentu seperti HIV & Diabetes Militus,
  • antibiotik yang tidak rasional,
  • perubahan hormonal,
  • stress,
  • alkohol,
  • merokok,
  • Obesitas, dll.
Keputihan adalah hal yang normal terjadi pada saat wanita akan datang bulan, setelah datang bulan, saat hamil, maupun dikarenakan stress. Jumlahnya pun tidak banyak, encer, gatal dan tidak berbau. Namun keputihan patut diwaspadai saat bertambah banyaknya jumlah keputihan, konsistensi dan warna berubah, hingga timbul rasa gatal dan mulai berbau tak sedap. Saat keputihan terus menerus keluar maka akan dapat menjadi jalan masuknya bakteri yang menyebabkan, abses, hingga gangguan kesuburan infertelitas.


Dokter Bram menekankan agar wanita lebih care dengan kesehatan area kewanitaannya sebagai investasi kesehatan jangka panjang. Beliau berbagi tips menjaga kesehatan daerah kewanitaan dengan cara :

  • Segera mengeringkan miss V setelah buang air kecil,
  • Gunakan pembersih vagina dari bahan alami,
  • Mencuci vagina sebelum dan sesudah melakukan senggama,
  • don"t douche!, sebuah metode membersihkan vagina dengan menyemprotkan cairan ke dalam vagina
  • kurangi minum alkohol &
  • kurangi rokok

Selain itu, tidak menggunakan celana terlampau ketat dengan bahan yang tidak menyerap keringat, langsung ganti baju setelah workout, dan tidur tanpa celana dalam dapat mencegah terjadinya masalah keputihan.

Menurut Dokter Bram penting bagi wanita menerapkan prinsip TI-GA (Tiga jam sekali Ganti Pembalut). Hal ini sangat ditekankan mengingat, pertumbuhan bakteri pada pembalut sangat cepat jadi tidak perlu menunggu penuh, kalau sudah tiga jam segera diganti agar kesehatan daerah kewanitaan tetap terjaga.


Apabila mendapati Perubahan warna konsistensi dan jumlah keputihan, vagina kemerahan atau iritasi, pendarahan antara siklus haid, setelah berhubungan atau pasca menopause, atau benjolan di vagina maka segeralah memeriksakannya ke dokter.


Anastasia Erika selaku Brand Representative Softex Daun Sirih berbagi Tips memilih pembalut yakni yang alami, terdaftar di Depkes, dan mampu menjaga kesehatan organ kewanitaan dalam jangka panjang. Terkait produk, beliau menjelaskan kalau Softex Daun Sirih adalah produk pembalut Non-gel namun memiliki daya serap tinggi, yakni mampu menyerap dalam 1 detik. Gel digunakan sebagai pengganti bahan pembalut agar pembalut menjadi lebih tipis. Dan terjawab sudah worry kita dengan hadirnya Softex Daun Sirih, karena selain Absorb in 1 second, Softex Daun Sirih juga breathable layer yakni lapisan sirkulasi udara untuk mencegah kelembapan, melindungi area kewanitaan secara alami dan higienis dengan sirih protection technology, dan pillow-feel top sheet sehingga permukaannya nyaman tidak membuat kaku dan kram organ intim.

Pembalut Softex Daun Sirih adalah satu-satunya produk yang mendapat sertifikasi halal MUI. Selain itu juga memiliki sertifikasi hypoalergenic, tidak menyebabkan alergi dikulit sensitif sekalipun. 9 dari 10 wanita Indonesia mengakui Pembalut Softex Daun Sirih mampu menyerap cairan dalam satu detik, dan mampu mengurangi bau darah haid.

So far emang malu-malu juga sih, saat ngunpul teman-teman mau membahas tentang pembalut yang nyaman. Tapi diacara ini aku menemukan jawabannya. Selain mendapat edukasi seputar kesehatan organ intim yang merupakan 'aset' investasi jangka panjang, aku jadi lebih care misal gak memakai pakaian terlalu ketat, dan harus langsung ganti baju setelah olahraga. Tapi aku juga gak worry, karena aku sudah bisa memilih pembalut yang tepat sesuai kebutuhanku, yakni Softex Daun Sirih.

Memahami apa yang menjadi kekhawatiran sebagian besar wanita Indonesia, Softex Indonesia menghadirkan produk Softex Daun Sirih dengan berbagai varian sesuai kebutuhan, diantaranya :
  1. Slim Regular Flow Non Wing (23cm)
  2. Slim Regular Flow Wing (23cm)
  3. Slim Heavy Flow Wing (29cm)
  4. Slim Heavy Flow Wing (36cm)
  5. Pantyliner (15cm)
  6. Pantyliner Longer & Wider (18cm)



Masuk ke sesi tanya-jawab. Peserta bertanya tentang penggunaan tampon, sebenarnya tampon sendiri belum dikenal luas di Indonesia namun diluar negeri sudah banyak digunakan karena memiliki daya tampung tinggi. Untuk Indonesia sendiri, tampon tidak diperbolehkan untuk gadis karena cara pemakaiannya yang dapat merusak selaput dara. Penanya lain, bertanya tentang pandangan dokter mengenai ratus vagina. Dan dokter tidak menyarankan perawatan itu apalagi kalau sering dilakukan. 


Di sesi terakhir, kita bersama Muallif Fachrozi. pelatihan singkat Flatlay photography Workshop. Bicara Flatlay berarti sudut pandang foto diambil dari atas. Dan gaya fito ini cocok untuk foto produk. Dibagian latar ada beberapa jenis yang bisa digunakan seperti latar putih (clean), latar warna kayu (rustic), dan berlatar alami seperti bunga-bunga & tumbuhan (natural).




Teman-teman blogger sedang serius memraktekan arahan dari Mas Ozi

Dalam teknik Flatlay yang diutamakan adalah pencahayaan. Hanya mengandalkan pencahayaan alami juga bisa mendapatkan hasil foto yang bagus sehingga tidak ribet menyediakan pencahayaan buatan. Langsung deh dipraktekin tarik meja kearah jendela, beri hiasan, kalau diperlukan sediakan juga kursi untuk mengambil foto lebih tinggi. Jam dengan cahaya terbaik untuk mengambil foto adalah sekitar jam 11 hingga jam 5 sore. Ingat ya, kita berdirinya menghadap jendela agar pencahayaan maksimal. Dan cukup dengan smartphone yang kita punya kita bisa mendapatkan hasil foto memuaskan. Misal seperti punya ku, hhehe.. berhubung saat praktekin di acara tersebut, aku menangin photo challenge nya.






Alhamdulillah, acara Hijup Bloggers Meetup × Softex Daun Sirih ditutup dengan berbuka bersama  sambil bercengkrama menjadi ajang temu kangen antar blogger. Oya, tenang saja untuk pembaca, saya juga akan berbagi voucher belanja di Hijup.com. Dengan menggunakan kode HIJUPXSFTXBDJ teman-teman bisa langsung mendapatkan potongan belanja Rp. 50.000 untuk minimal belanja Rp. 250.000. Masa berlaku kode voucher ini sampai 5 Agustus 2018. Buruaaaan, apalagi sekarang sedang discount hingga 70%.



Terimakasih, Hijup × Softex Daun Sirih.
Sekarang aku kalo pergi-pergi gak perlu terlalu sering ganti pakaian dalam, capek nyucinya.. :D wkwkwkwk~ kan sudah ada pantyliner Softex Daun Sirih.

Bersih sehat, bebas worry~^
Bersama Softex Daun Sirih

Semoga bisa mengikuti event bersama Hijup × Softex Daun Sirih berikutnya.





Jangan lupa, follow Instagram : @hijup × @womenhealthypedia


10 komentar:

  1. Softex daun sirihnya emang bagus banget apalagi buat kita para muslimah karena halal.

    BalasHapus
  2. Pemilihan pembalut memang hal yang sangat penting buat kita. Apalagi kalau sedaang banyak banyaknya. Bisa mengganggu banget kalau salah pilih pembalut. Kalau makai yang ini nih berasa bersih gitu yahgak.emang top dah softex daun sirih.

    BalasHapus
  3. Wah cakep foto flatlaynya, Loly... Tinggal naikin brightness makin kece tuh. 😍
    Semoga bs jumpa Loly event berikutnya ya :D

    BalasHapus
  4. Event softex ino salah satu event yg manfaatnya wow. Pantyliner softex daun sirih ini recomended bgt buat kita2 yg sering travelling. Enak banget asli.

    BalasHapus
  5. Akuu jugaa pake pembalut ini di rumah, bener-bener nyaman soalnya. . Ga mau pindah ke lain hati hehehe

    BalasHapus
  6. Pakai pembalut softex daun sirih bener2 beceknya minimalis. Kuakui itu

    BalasHapus
  7. Yeaahhh. congrats loly menang foto flatlay, udah dijajanin apa neh hihi

    BalasHapus
  8. Memang penting banget ya buat kita tahu tentang seluk beluk organ kewanitaan ini biar bisa merawatnya dengan benar

    BalasHapus
  9. Softex daun sirih memang yang terbaik mengurangi bau darah saat haid ya hihihi

    BalasHapus
  10. See you next event ka loly hhe

    BalasHapus