Rabu, 18 April 2018

Manajemen Kotoran Kucing Indoor

Assalamu'alaykum, pet lovers..

Ok, aku mau berbagi sedikit kebahagiaan. Karena sekarang peliharaan ku nambah satu, kucing. Yeee~~~ prok prok prok..

Sempatkan kemarin aku cerita di postingan tentang proyek cynefin? Yup, aku sudah punya sepasang landak mini. Dan pejantan sugar glider. Alhamdulillah sekarang keluarga kami bertambah sejak kedatangan Yukamiko.

Blasteran, emak himalayan tulen eh salah gaul dan kawin sama kucing kampung. Akhirnya terjadilah, Yuka. :D :D




Gak panjang lebar deh, buat teman semua yang juga memelihara kucing aku mau tanya. Lebih banyak kucing indoor? Atau outdoor nih? Kalau aku, dari sejak memelihara Norris kucing aku yang dulu. Selalu indoor, takut hilang. Qiqiqiqi~ karena kehilangan itu menyakitkan. ㅠㅠ

Terus gimana sama poop n pee nya?
Kayaknya masih banyak yang ga tau kalau kucing itu tergolong hewan pintar yang bisa kita latih toilet training. Caranya?

Simple banget sih sejauh ini,

1. Sediakan litter box nya.
Zamannya Norris, aku punya halaman belakang. So' aku ga terlalu ribetin masalah ini. Dan dia jadi bisa bertingkah,itu litter box cuman sekali pake. Kalo udah ada dia pakai, selamat deh, dia bakal pup di rerumputan halaman belakang. Kalo enggak dia bakal pup di wc, pinter kan?


Ini dia yang jadi pertimbangan besar saat ingin mengadopsi kucing kembali. Karena, rumah ku yang saat ini gak punya halaman. Gimana kalo tingkahnya sejahil Norris.

Alhamdulillah sih, Yuka langsung ngerti toiletnya dimana.

Oya, catetan penting. Ini cuman untuk betina. Kenapa? Karena pejantan naluriahnya akan menandai wilayah kekuasaannya dengan pee. Atau bahkan pup. Jadi aku lebih menyarankan kalau mau melihara kucing apalagi yang indoor mending betina aja.

2. Pasir wangi / pasir gumpal ziolith?Aku baru kenal dua jenis ini saat mengadopsi Yuka. Karena Norris, media pup nya adalah tanah. ada dua cara sih menghemat pasir ini
a. Pasir ziolith diberi taburan baking soda untuk meredam bau. So' pasir yang terkenal bisa di cuci n di pakai ulang ini dapat digunakan dalam waktu yang cukup lama.
Lapisan pertama : Koran, agar dibagian bawah litter box nya tidak menggenang air pipis nya. Setelah itu beri pasir ziolith sekitar 1/4 tinggi litter box. Kemudian beri taburan baking soda, yang berkhasiat meredam bau dari kotoran pussy. Terakhir beri pasir ziolith lagi, hingga hampir setengah litter box terisi.

Dan ini ada cara mencuci pasir ziolith aku lupa sumbernya, kayak dokter hewan gitu deh penulisnya. kuy di simak bagi teman yang tertarik menggunakan metode ini.




b. Menggabungkan pasir wangi dengan pasir ziolith.
Aku gak tau apa metode ini memang sudah banyak digunakan. Tapi serius, aku sudah ngerasa klop banget sama metode satu ini. So simple, karena aku gak ketemu baking soda beli di mana :D :D jadi aku gak tahan sama metode pertama. Dan gak berhasil pakai karbol. Hahaha..

Kebetulan kemarin aku beli pasir wanginya cukup murah, merk Aromatic Cat sand 5,5 liter, 25.000. Worth it sih, karena sekarang gak bau sama sekali.




Hitungannya, aku campur 3 : 1 atau 5 : 2 pasir ziolith dan pasir wangi nya. Walau ini tidak bisa di cuci, tapi kurang lebih aja sih hemat nya di banding metode pertama. Yang penting, setiap memungut kotorannya cukup angkat pasir yang kotor.

Dan perlu di catet banget, pasir harus cukup banyak sehingga mpus masih leluasa mengeruk pasir sekitarnya untuk melakukan tugasnya menutup kotorannya. Karena ada bahaya besar mengancam kalau kotorannya tak tertutup, bisa menempel pada ekor nya dan berceceran dimana-mana. Gak mau kan ini terjadi?


3. Hiding box.
W
alau posisi litter box Yuka ada di balkon, gak bener-bener di dalam rumah. Tapi aku tetap menyediakan hiding box, biar dia gak malu waktu pup. Hehehehe..

Kebetulan aku upgrade cage nya Chimi,Landak mini ku, jadi cage terdahulu yang terbuat dari viber (tersedia di toko bangunan) aku jadikan sebagai hiding box litter tray nya Yuka. So' balkon rumah ku sama sekali gak terganggu pemandangannya. Yang terlihat hanya kotak viber berwarna biru.

Sumber : Pinterest

Sumber : Pinterest



4. Spatula / alat mengangkat kotoran kucing & Sedia kantong kresek yang banyak. Wkwkwkwk~

Udah, beli aja spatula 25.000 ini, worth it koq untuk mempermudah saat kita mengangkat kotoran kucing kesayangan kita.

Dan jangan lupa, maksimal banget dua hari sekali kita wajib mengangkat semua kotorannya.



Itu tadi cara simple, memanajemen kotoran kucing kesayangan kita di dalam rumah.  kalo ynag udah sayang, pasti pengorbanan segini aja gak masalah dan gak akan ngerasa diribetin, ya gak sih. Semoga bermanfaat. :) :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar