Kamis, 15 Maret 2018

CYNEFIN - Proyek hidup bersama hewan peliharaan

Assalamu'alaykummmmm~~
^^
Teman shalihah,
Hari ini aku mau berbagi cerita tentang satu mimpi ku.
-Cynefin project-
Sumber : Pinterest

Cynefin. (n.)
A place where a person or an animals feel it ought to live and belong; it is where nature around you feel right and welcoming.
Ya pokoknya gitu deh, hehe..

Intinya aku tu pingin banget punya pojokan di rumah untuk membangun sebuah enclosure dan melakukan rekayasa ekosistem. Aishhh~ bahasanya ><
Karena aku juga adalah seorang penikmat senja [hasyaahh~ kibas rambut....] dilihat-lihat dari rumah ku, spot yang paling cocok adalah balkon. Paling seneng deh kalo nikmatin senja di situ, sambil ngajak main peliharaan ku. Makanya nama proyek ini belum fix, pingin juga masukin unsur matahari senja nya. Komorebi, misalnya, cahaya matahari yang menembus pepohonan.  Atau teman-teman ada ide nama lain?
Ini namanya juga mimpi yaa, asal nyablak aja jadi.. :D :D :D siapa tau bisa diekskusi beneran. Aamiinin napah?! ?!
Back to rekayasa ekosistem, eheheh..
Maksudnya disini, aku mau ngumpulin berbagai jenis hewan peliharaan dalam enclosure. Dimana kita dapat duduk santai di dalamnya bermain dengan hewan-hewan peliharaan kita sambil menikmati sore, atau juga kopi, mungkin. Duh, kira-kira perlu luas berapa tuh? Mungkin 2×1,5 ×2 m (p×l×t). Ini kalo mau beneran membangun di balkon yaa. Karena balkon ku gak terlalu lebar, hanya sekitar 1,5 meter.
Terbuat dari mesh kayaknya sih cukup aman, dengan rangka kayu. belum mengerti pertimbangan resikonya, takut ada ular kecil yang masuk dari lubang mesh, atau yang lain.
Seperti di kebun binatang biasanya, ada pohon di dalam kandang. Aku ingin di dalam Cynefin ini juga di rekayasa seasri mungkin, ya, cukup seperti ada tanaman pucuk merah, atau bambu hias, atau rumput kesukaan kucing. Inginnya sih, banyak tanamannya juga, kalo bisa hidup aku tanam. Hahaha.. soalnya tangan aku kayaknya lebih tercipta untuk ngurusin hewan dilihat dari banyak nya tanaman ku yang gagal tumbuh subur.
Yang terpenting dulu deh, Hewan apa aja sih yang akan menghuni cynefin?

Chimi & Vivi

-Landak Mini (hedgehog)
Aku kan udah ada sepasang, Chimi & Vivi.. kalian sehat selalu yaa uri baby-deul sampai Cynefin kita terealisasi. :* :*
Dua kandang untuk mereka, tau lah ya, mereka kan soliter. 60×40×30 cm standar kandang mereka, aku tertarik bikinin yang hidden dari kayu, tapi dapat dibuka di bagian atas. Dan ada pintu di bagian depan. Jadi saat giliran freeroom, aku tinggal bukain dia pintu biar dia bisa kesana kemari.

In Frame : Adek dan Panda si Sugi 

-Sugar Glider.
Yang kerjanya bersembunyi di balik tanah udah ada, para hedgie. Lah sekarang yang lompat-lompat dari satu dahan ke dahan lain. Versi mini nya juga nih, sugat glider. Hewan yang unik banget, serius deh mereka itu memang lucu gak ketulungan. Hewan marsupial, yang berkantung kayak kangguru. Mereka ini hewan berkoloni, jadi wajib banget ya dimiliki sepasang. Bukan karena ingin mengembangbiakan mereka terus dapat duit, tapi itu adalah hak mereka. Lha, aku gak tergambar gimana jualnya kalau semua hewan ku beranak pinak. Yang ada aku malah galau, ㅠㅠ ㅠㅠ memiliki, terus gimana kalau ada yang mati? Aku kan kalau udah terlanjur sayang,susah.. #eaaaa :p
Terus kalo lepas adop? Percaya gak ya yang lain bisa jaga anak-anak, cucu cicit kita dengan baik.. ㅠㅠ ㅠㅠ
Tolong bantu aku, ㅠㅠ
Solusi Islam terbaik untuk hal ini, Chin-gu-yaaa~~ ^^..
Untuk cage mereka sendiri tergantung di bagian atas kandang anak duri. Sejajar saat kita duduk. Sehingga, kita dapat menikmati tingkah lucu mereka di dalam cage sambil duduk menikmati kopi dan senja. #Asek
Didalamnya di beri tanaman palsu yang merambat biar Cynefin semakin terkesan rindang. Bersebelahan dengan kandang burung yang berkicau syahdu, wah mantep dah.

In Frame : Dorris, yuk follow ig aku : Nyrs7

- Kucing
Master of Pets~ hasyahhh
Aku naksir berat sih sama jenis Norwegian Forest Cat, tapi tolong, kittennya aja start 7,5 juta. ㅠㅠ
Ada sih yang jual turunannya. Spesialnya sih ras ini tu bisa jadi kucing besar banget, puas banget deh meluk, dan dia punya surai yang panjang, cocok banget berperan sebagai raja hutan di Cynefin. Bulu putih sempurna, red point, bermata biru, dan cewek yang terpenting. Kenapa? Karena biasanya yang cowok tetap suka pup n pee sembarangan.
Semoga aku segera menemukanmu ^^~
Sumber : Pinterest

- Kura-kura
Aku udah 3 kali punya kura-kura, dan ingin punya lagi. Tolong jangan tanya, bagaimana kami berakhir. :( :(
Enak sih, makan dan pup nya gak terlalu banyak. Kura-kura darat sulcata  yang aku incer, tapi sekali ini inginnya punya sepasang. Tapi juga harganya 1-2 juta. Kayaknya kalo gak terealisasi juga gak kenapa-kenapa. Tapi lucu aja kalo ada yang jalannya lambat gitu. Ada jenis lain gak nih yang lebih menarik? Eheh? Kura-kura air?
- Ikan & burung
Untuk dua spesies ini, sebenarnya kayaknya sebuah pelengkap yaa.. gak afdol kalo gak ada yang bunyi, dan yang paling asyik ya burung. Ada sih yang aku taksir, burung love bird warna biru putih kayak punya tetangga waktu aku di semarang.
Ibarat 4 sempurna 5 sempurna banget, di tambah gemericik air, di kolam kecil. Mesin air aquarium yang di sulap sedemikian rupa agar terlihat aliran air alami. Menghidupi sepasang ikan di kolam yang disemua sisinya di kelilingi batu cukup besar, penyempurna kesan natural.
Sumber : Pinterest

Terus jadi santapan kucing. ㅠ ㅠ :D duh iya yaa~
Gimana nih? Kalo punya kucing sih wajib banget, tapi rekayasa ekosistemnya kurang lengkap kalo gak ada bagian air nya.
Itu tadi sedikit hewan yang aku inginkan melengkapi hidup ku di Cynefin. :D :)
Ngomong-ngomong balkon, posisi nya pas banget menghadap matahari yang akan tenggelam di arah kanan. Jadi setelah pintu masuk Cynefin, aku ingin meletakkan pucuk merah di sudut kanan, biar kesan komorebi bisa di dapatkan. Dan beberapa tanaman bunga hias gantung, andai mereka juga sukses subur dalam  perawatan ku. Belum nyoba lagi sih, berkebun. Jadi pas Sugar glider free room, mereka akan sangat senang bertemu berbagai tanaman asli. :D :D
Dan, aw aw.. lagi lagi, Sugar Glider adalah makanan lezat bagi kucing. ㅠㅠ tapi beberapa teman jepang & Korea ku membesarkan kucing dan Sugar Glider bersama-sama. And they said it's ok, and so funny.
Balkon ku terbuat dari kayu, aku ga tau yang terbaik alas untuk Cynefin itu apa. Apakah bisa beralas tanah kemudian di beri rumput asli. Dan dapat membuat kolam sederhana. Tapi bagaimana dengan perairannya? duh itu kayaknya ngomong ke tukang dulu ya. Ahahah.. dan aku ingin membentuk enclosure ku menonjol ke arah luar.
Sumber : Pinterest
Atau beralas karpet hijau aja, aku gak ngerti sih jenisnya, tapi teksturnya gak lembut dan cenderung keras. Kemudian di beri hiasan daun-daun kering imitasi untuk mainan landak mini. Wah kalo ngomong-ngomong tanaman imitasi, bejibun, dan bagus-bagus, bisa ditambah tanaman rambat dan ilalang-ilalang yang bagus banget saat sinar matahari senja menembusnya.
Ah, semoga terealisasi Cynefin impian ku. Sebuah cage yang rindang dan sangat hangat saat disinari matari sore. Melihat si lambat kura-kura berjalan, dan si setrikaan, landak mini, kemudian yang loncat-loncat gelayutan sugar glider, dan super besar kucing Norwegian, di temani kicau burung dan gemericik air. Makon seneng deh anak-anak tetangga main ke rumah ku. :D :D
Aishhh.
Udah ah, menghayalnya. :D :D
Do'akan ya teman-teman semoga terealisasi.
Loving You,
Loly Norsandi

7 komentar:

  1. Jadi keingetan rekayasa ekosistem Upin Ipin, hehe, oiya, ada janji juga sama si kaka yg nagih minta dibikinin ekosistem juga kygitu, wkwk. Aku suka yg cagenya ada tangga dan sumber air itu deh, buat relaksasi ok banget

    BalasHapus
  2. Aaaaakkkk... Keren banget idenya. Aku dulu sempat mikir kaya gini juga pas SMP. Tapi cuma sebatas buat melihara ikan hias aja sih sama bonus kodok & capung (absurd peliharaanku ya :' ) dan nggak terealisasi juga krn ga ada dana. Punya Loly ini idenya keren loh, semoga tercapai yaaa. Update lagi nanti progressnya, aku penasaran. Hehe

    Btw ademnya gendong hedgehog itu kukira idol Korea loh :D

    BalasHapus
  3. Wah, pecinta hewan imut2 tyt kamu ya loly. Sesuai dg namanya, haha. Aku pecinta kucing banget waktu remaja. Sampai aku cium2. Trus pas udah nikah cintanya berkurang karena aku alergi parah banget. Bisa sampai ga bisa buka mata karena kena bulunya. Tapi tetep aja di pelihara. LOL. Emang asik sih kalau punya binatang peliharaan cute gitu.

    www.shezahome.com

    BalasHapus
  4. Duh..semoga tercapai impianmu segera Loly. Kalau aku sih penggemar hujan. Setelah renov dapur..impian berikutnya pengen sudut hujan d rumah hehe

    BalasHapus
  5. Duh..semoga tercapai impianmu segera Loly. Kalau aku sih penggemar hujan. Setelah renov dapur..impian berikutnya pengen sudut hujan d rumah hehe

    BalasHapus
  6. Ya ampun mba loly memang pecinta hewan sejati yaaa, tempat nya juga lucu 😍. Pengen deh bikin gitu, tapi aya takut sama hewan 😂

    BalasHapus
  7. Wah suka kucing sama Sg juga ya.. Eny pecinta binatang juga sampe ke reptil malah hhi

    BalasHapus