Kamis, 08 Februari 2018

Menentukan Produk Perawatan Kulit Untuk Pemula

Sudah setengah bulan ya saya gak nulis? *nyengir
Semacam kaya anak kecil yang asyik main sendiri terus ada yang nyapa, cuman nyapa loh. Eh malah gak mood main lagi. Heheh..  Tapi inikan bukan diary yang harus di gembok rapat-rapat. Ya, kalau bermanfaat untuk yang lain Alhamdulillah, kalau gak bagus ya nikmati aja, ini kan gaya ku sendiri. apa coba?!
Hehe.. yaudah si, thankyou banget ya, yang udah berkunjung ke blog aku. :D :D
Aku suka gugup kalo ada yang chat
"Ukhti, ana boleh nanya?".. hahah.. bikin dagdigser, mau nngomongin tentang apa ya?

"Anu.. kosmetik."
Duh kalau ini, aku dengan senang hati selama bisa membantu. Kebanyakan, yang udah mulai peka sama kondisi kulitnya pasti mulai mikir-mikir mau pakai kosmetik apa untuk mengatasi masalah kulitnya. Tapi untuk kita muslimah tentunya ada pertimbangan utama selain kualitas, yakni kehalalannya.
Nah, disini hal-hal yang menurut saya adalah langkah awal untuk kita menentukan skincare yang tepat untuk perawatan kulit kita diantaranya :
Mengenali jenis kulit
Kayaknya, kebanyakan kita justru merasa butuh dengan skincare pas udah merasa ada masalah sama kulit kita. Karena Allah kasi tipe kulit berbeda-beda, ada yang udah glowing dari sananya. Beruntung banget T.T.. ada tipe wajah normal, gak ada masalah, ada yang kering, ada yang sensitif, ada yang berminyak, dan berjerawat. Yang kebagian kulitnya harus dirawat secara ekstra InsyaAllah ada nilainya dihadapan Allah, karena telah merawat dan menjaga pemberian Allah. Apalagi kalau sudah bersuami, berusaha untuk menjaga kehalusan dan kecantikan kulit adalah sebuah kewajiban.
Hal mudah untik menganalisa tipe jenis kulit kita adalah dengan melihat pada cermin, apakah pori-pori wajah kita terlihat? Kalau ia maka kulit kita tipe kulit berminyak. Hehe.. sepertinya tanpa dianalisa juga, kalau udah siang terus wajah kayak ketumpahan minyak. Fix deh! Itu kulit berminyak, ye gak?! Dan erat hubungannya dengan mudahnya muncul jerawat. Huh! Aku banget.
Tapi, kalau tidak terlihat pori-pori maka itu termasuk kulit kering. Memang aman dari penampakan pori-pori yang suka bikin makeup breakout, tapi justru dihantui dengan kerutan, kulit kusam, atau bahkan iritasi.
Adalagi tipe kulit T-zone, yakni tipe kombinasi berminyak dibagian hidung dan dahi, namun kering didaerah pipi dan sekitarnya.
Beruntunglah si pemilik kulit normal, tapi tetap, perawatan kulit itu diperlukan ya. :D coba cubit saja, kalau berasa lembut dan kenyal maka kulit kita bagus dan telah terhidrasi dengan baik. Namun kalau cubitan kita menimbulkan kerutan, berhati-hatilah karena itu tanda kulit kita sedang tidak keadaan bagus.
Jadi apa nih jenis kulitmu?
Menentukan Produk Kosmetik
Sekarang saatnya kita menentukan Produk perawatan kulit seperti apa yang sesuai dengan kebutuhan kulit kita. Produk perawatan kulit itu berbeda dengan makeup ya. Kalau makeup adalah alat rias untuk nge-boost look kita menjadi lebih cantik dan flawless seketika. Sedangkan Skincare adalah rangkaian kosmetik yang digunakan untuk merawat agar kulit kita sehat dan cantik alami. Muslimah juga butuh ini, :D bukan karena ganjen dan tabarruj, tapi tidak ada salahnya kan menjaga kesehatan dan kecantikan kulit?
Halal.
Sebagai muslimah, memilih produk kosmetik berlabel halal juga penting. Meskipun, tidak ada label halal sebenarnya tidak berarti haram. Karena kalau di Indonesia sendiri, insyaAllah hal-hal yang mengandung babi itu dilarang seperti vios*in DS yang lagi heboh. Untuk skincare sendiri, terutama yang drugstore insyaAllah sudah banyak berlabel halal. Seperti Wardah, sebagai pelopornya, viva cosmetik, sariayu, dll. Selain itu juga ada Zalfa cosmetik, dan juga Zafra.
Budget. Sudah dapat beberapa opsi tinggal lihat kantong deh, sanggupnya yang kisaran harga berapa? Jangan sampai yang dilirik kantong sana-sini. heheh.. maksa namanya kalau sampai harus menguras berkantong-kantong.
Jujur aja, aku awalnya juga gak percaya sama produk drugstore, ampuh gak sih?
Oya, Drugstore itu artinya produk tersebut mudah didapatkan dipasaran.
Tapi, akhirnya aku bisa buktiin sendiri kalau produk drugstore itu bisa juga bikin kulit kinclong kayak perawatan salon, asal.. RUTIN, TELATEN, & LENGKAP.
Menurutku, paket lengkap skin care itu ada
1. Cleanser
2. Facial Wash dan sejenisnya
3. Toner
4. Moistruzer
5. Facial Scrub
6. Peeling cream
7. Massage cream
8. Masker
9. Acne gel
10. Serum +
Gak harus dari 1 rangkaian juga, karena kadang misal kayak aku yang pakai Wardah Acne Series. Mereka gak menyediakan cleanser dan serum untuk rangkaian satu ini jadilah aku comot dari basic series nya Purifying series. Awal-awal aku juga gak langsung beli sepaket, sayang banget sih, kalau bisa beli sepaket dipake barengan hasilnya mungkin bisa jadi lebih maksimal. Tapi karena aku belinya gak seabrek, walhasil sekarang untungnya setiap bulan budget yang aku butuhkan paling banyak hanya sekitar 100.000 rupiah. Karena setiap bulan bergantian item-item yang habis. Hehe.. Budget sesuai skincare yang akan kamu pilih.
Kalau aku pilih Wardah, produk drugstore yang aku nilai berhasil di percobaan pertama aku berkenalan dengan skincare. Tapi untuk mencoba produk yang lain, aku cukup berani. Karena seperti keyakinanku, kalau yang terpenting itu adalah telaten dan rutinnya. Semoga bermanfaat, selamat menentukan pilihan. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar