Kamis, 22 Februari 2018

DIY : Rak Kosmetik dari kardus bekas

Dear!
Kosmetiknya sebanyak apa? Ini tidak hanya makeup ya, tapi juga skin care alias perawatan kulit. Sebagai muslimah kita tetao perlu dong merawat kulit.
Nah, biasanya kamu letakkan dimana kosmetik mu?
Di pouch? Sedikit juga, biar nyaman di bawa-bawa? Atau kayak aku, yang jumlah kosmetiknya puluhan heheh.. dan bakal bikin puyeng kalau cuman di taruh di pouch, entah itu ada yang tumpah, pecah, atau susah di cari.

Sebenarnya aku sempat nyari rak yang simple biar pojok kosmetik ku rapih, tapi gak ketemu yang cocok. Yah kalau yang cocok di hati sih mungkin banyak ya, cuman ya cocok di kantong? Eheheh.. jadi aku coba cari-cari DIY bikin rak kosmetik, dan sambil aku desaib sesuai kebutuhanku. Sudah lama banget aku pakai, sudah teruji kekokohannya, akhirnya aku tuliskan juga. Cuman, gambarnya gak lengkap banget, semoga tetap bisa di fahami ya :D siapa tau bisa jadi inspirasi kamu
Bahan yang dibutuhkan :
1. 2 buah kardus bekas mie instan atau air mineral bekas.
2. Lem tembak
3. Gunting
4. Penggaris
5. Kertas kado uk 1 m2
Steps :
1. Gambar pola diagonal pada satu kardus. Saran ku jangan terlalu curam kemiringannya, di bagian terbawah beri jarak sekitar 3-5 cm.
Untuk rak yang aku buat ini, aku menyortir kosmetik ku berdasarkan bentuk saja, jadi bukan seperti beauty blogger yang punya rak masing-masing untuk tiap item. Disini aku membagi 4 bagian ;
paling dasar, adalah untuk kosmetik berbentuk lebar dan tidak tinggk. Misal seperti tempat eyeshadow, bedak padat, bedak tabur, dan lain-lain. Aku letakan di paling dasar karena kita dapat melihat merk yang tertera yang biasanya ada dibagian atas wadah kosmetik tersebut.
Tingkatan kedua, untuk menghemat tempat aku membuat seperti kantung/laci miring untuk menghemat tempat. Cocok untuk meletakan kosmetik yang berbentuk panjang, kecil dan susah berdiri, semisal lipstik, serum, mascara, pensil alis, dan yang lainnya.
Tingkat ketiga.
Untuk meletakkan kosmetik dengan package yang tak terlalu tinggi namun cukup kokoh berdiri, seperti makeup remover, bb cream, cat kuku, atau semisalnya.
Yang terakhir yang paling tinggi.
Kebanyakan berbentuk tube atau botol yang cukup tinggi seperti handbody, cleanser, peeling, dan lain-lain.
Dibuat bertingkat agar kita lebih mudah menemukan produk dan lebih menghemat tempat.
Jadi, step 2.
Potong kardus yang lainnya untuk menjadi alas tiap tingkatan rak. Ukur lebar dan tinggi yang dibutuhkan untuk setiap tingkatan. Berilah tiang dibagian bawah alas agar lebih kokoh mengampu beban, tempelkan menggunakan lem tembak/lem fox. Tidak lupa tempelkan sekat untuk menahan agar kosmetik yang kita letakkan tidak mudah jatuh ke bawah.
Nah ini yang membuatku merasa perlu punya rak, karena kalau hanya disusun begitu seringnya mereka berjatuhan.
Disini aku cuma menyampaikan konsep, untuk ukuran sendiri, sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan kamu ya dear. Siapa tau punya kamu jauh lebih banyak :D :D :D yeyeye..
Alah, bilang aja lupa?! Wkwkwkwk..
Step terakhir, memoles rak dari kardus bekas ini menjadi cantik dengan membungkusnya menggunakan kertas kado. Bagian terakhir ini aku gak rapi banget ㅠㅠ semoga kalian bisa mengeksekusi bagian ini lebih baik. Selamat mencoba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar