Kamis, 30 November 2017

Pengalaman menjinakkan landak mini

Annyeong ^^~
Hari ini aku seneng banget, hedgie alias hedgehog alias landak mini yang empat hari lalu aku adopsi sekarang sudah mulai jinak. Dan disini aku mau share beberapa pengalaman aku berjuang buat nakhlukin cowok!
*Plakkk..
Bukan! ! ! ! Maksudnya ini naklukin hedge cowok, teman2..  T.T
Hehehe.. ketawa dikit napah. Kalo cowok beneran mah aku ga ngerti sama sekali. Lagian kan Islam ngatur yak buat kita tidak berikhtilath (tidak bercampur baur), apalagi akrab, apalagi nakhlukin. Mau buat apa coba? *eh loh malah kesini.


Next,
Kenapa aku milih hedgie? Aku tu suka binatang dan sempet tinggal ditempat yang punya halaman cukup luas. So' aku sempet punya kucing dan aku sayaaaaaaaaaaaaaang banget T.T dan beberapa binatang lain juga. Check aja ig ku, @lolynorsandi. :D ciye minta di follow.
Nah sekarang aku kembali ke rumah aku yang gak punya halaman. Meninggalkan mereka pada pemilik yang lain. sedihnya.. T.T*nangisbombay
Hampir setengah tahun gak ada yang dielus nih Hikshiks.. itulah kenapa aku mulai nyari lagi tambatan hati. Antara hamster atau si hedgehog.
Sebenarnya lebih unik aja kalo landak mini, jadi aku kepoin akun ig @gehog_banjar dan berkunjung ke rumah ketemu salah satu pencinta hedgie. Pertama megang  Dan ternyata durinya itu sakit, beneran nusuk T.T *Maaaak.. tapi koq aku liat kakak yang punya kayak mudah banget megang dan ngelus nya. Aku pu  coba ngepangku salah satu hedge, aku malah dipipisin dan dia puup. Astaghfirullaaah.. daaaaan aku juga dia gigit-gigit. Ingat! 2 kata loh, gigit-gigit. Artinya gak cuman sekali, berkali-kali. Huhuhu..
Tapi gimana juga tingkah mereka aku tetep adopsi satu. Hahaha. :D kalian fikir akan semudah itu aku menyerah* ketawa jahat sama hedgie-hedgie.
Bawa motor dr rumah kakak pemilik hedgie aku hati-hati banget takut temen baru ku terguncang dan stres, apalagi dia baru berumur sebulan.
Eh, pas sampe rumah. Dia ternyata malah enak2an molor. Ok! Aku tau deh, aku terlalu parno. 


#Day1
aku sempetin singgah di petshop beli makanan kucing saat perjalanan pulang ngadopsi. Tapi untuk serbuk kayu aku gak nemu. Sampai rumah, aku masih dia siksa, T.T durinya masih tegak semua. Jadi aku ngangkatnya masih pake alat bantu, kain berlapis-lapis. Hehe.. nah, yang aku adop ini tu bukan yang gigit aku tadi. Yang ini belum gigit aku. Aku harus ngadepin itu lagi? *ekspresi seram. Wkwkwk..
Aku tau landak mini itu hewan pengerat, so dia sukanya bersembunyi. Kebetulan ada kaos kaki baru yang molor..
Loly! Kalo baru gak akan molor -.-
Beneran! Ini tu baru, tapi aku gak ngerti jaitan bagian atasnya langsung kebuka. Jadi ku gunting deh, buat ngangetin temen baru ku ini.

Kata kakak pemilik sebelumnya si, dia menggigit untuk mengenali pemiliknya. Semoga gak lama ya chimi, proses ini. Iya, namanya waktu sama pemiliknya itu normal, eh pas sama aku, namanya jadi Park Chimi / 박침이 Hahaha..
Gak sakit-sakit banget sih, waktu digigit, yah kayak dicubit lah ya.. gak berbekas sama sekali koq, giginya gak tajam. Cuman kalo digigit tiba-tiba mungkin dia bakal terlempar karena kita kaget. Jangan sampe deh.
Saran aku, kalo masih baru, ngangkatnya jangan tinggi-tinggi karena kemungkinan besar terlepas. Kesian kalo dia geger otak karena terhempas.
"Hempaskaan.." kata teteh syahrini. ^^
#Day2
Hari ini aku beliin dia serbuk kayu standar, 10.000an di petshop. Tapi dia kayak takut gitu aku jadi heran. Heheh.. jadi view kandangnya gak bagus deh, karena dia ku beri alas anduk, bukan serbuk kayu. Hikshikshiks..
Aku seneng banget sekaligus tersiksa, hari ini akhirnya dia gigit-gigit aku dan setelahnya dia menjilati durinya. Aku jadi ingat film hollywood avatar, yang dia kalo mau menyatu sama naga terbangnya, dia kayak nyatuin ekor mereka kalo cocok ada sengatan listrik gitu. Heheh..
*apa coba? :v
Selain serbuk kayu, dia juga gak bisa minum lewat bottle minum yang emang didesain untuk hewan pengerat. -.- padahal hedgie-hedgie nya kakak itu kayaknya mudah banget minumnya. Mungkin ini faktor karena dia ku taruh di kontainer jadi agak susah nyetting botol minumnya untuk disesuaikan dengan kebutuhan chimi.
my lil bro jg seneng banget sama chimi, dia jadi lebih senang dirumah. Tapi aku tenang aja si, dia bukan anak kecil, udah SMK. Jadi dia cukup ngertilah kalo ketusuk duri itu, sakit. Mainin aja si chimi kalo berani. :p
Cuman yang pasti si Chimi sering kami keluarin dari box dan kami taruh di sekitar kami. Masih usaha biar dia bisa jinak. Ya salah satunya selalu berinteraksi dengan dia. Tapi durinya sih masih waspada gitu.
Adek ku juga digigit sama chimi, loh. Dan dia teriak-teriak juga. Jahat lu, chim!
#Day3
Katanya selain harus sering dipanggil, diajak ngomong, dielus, kita juga harus naroh pakaian yang bau keringat kita biar dia bisa ngenalin dan akrab sama kita. Aku bingung mau naroh yang mana, >-< ku taruh lah kaos kaki. Wkwkwk.. loly jahat!
Syukur dia gak pingsan yah, hehehe.. gak deh, maksudku box nya dia ku taruh dekat keranjang pakaian kotor ku. Yah apalagi itu?!
Koid dia!
Penting gak penting sih menurut aku cara ini, karena kalo kita emang gak kandangin dia selalu, terus kita habisin waktu bersama kayak beberapa hari ini dia ku biarin berkeliaran di kamar ku yang penuh dengan aroma aku. Dan kayaknya, justru itu deh yang beneran sukses bikin landak mini ku jinak dalam waktu 4 hari. Aku lebih nganggep dia sahabat aku, selama aku ada dirumah dan gak sibuk, dia ya berkeliaran aja di kamar ku. Tapi tetep ya teman-teman, sedia pel lantai habis main di pel. He..
Sebenarnya pup dia bagus banget, mudah dibersihkan, teksturnya itu nyatu lumayan kering, warnanya kayak ijo lumut gitu, dan gak berbau sama sekali. Selama empat hari ini baru di hari ke empat dia pup dilantai.


#Day4
Pagi tadi aku telat kerja karena bersihin kandang dia, katanya bisa seminggu sekali bersihin kandang. Eh, tapi aku liat dia cuma sembunyi di kaos kaki ku. Kayaknya dia ngerasa kalo kandangnya udah saatnya dibersihin. Si chimi ini emang suka bersih, cakelah. Heheh.. ini tu karena dia minumnya dari mangkuk, jadi mudah tumpah. Belum ada waktu buat setting botol minumnya nih. Tapi sebenarnya lebih alami pake mangkuk sih.
Finally. Hari ini gak tau kenapa dia gak marah-marah kayak hari sebelumnya. Dia kalo marah tu kayak menggertak gitu, durinya berdiri semua. Tapi hari ini aku akhirnya bisa ngangkat dia kayak hedgie-hedgie di instagram-instagram itu. Mudaaaaah banget. Alhamdulillah banget :* :D love chimi, sayang chimi.
Yup, itu tadi teman-teman pengalamanku  menjinakkan landak mini. Mudah banget, 4 hari sudah jinak, asal setulus hati kita memelihara dan menyayangi mereka.
Kita gak tau alasan mana yang membuat kita pantas disyurga, jadi jangan pernah sepelekan kebaikan sekecil apapun, sekalipun dengan menyayangi binatang. Semoga hidup kita barokah, dan peliharaan kita bukan jadi penyebab kita masuk neraka. Semoga kebaikan kita pada binatang peliharaan kita dapat berbuah pahala dan menjadikan kita penghuni syurga. Aamiin Allohumma Aamiin.


1 komentar: